in

8 Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb Agar Bisa Tetap Lancar

Memainkan game Mobile Legend di handphone dengan spesifikasi pas-pasan memang harus bersabar, terutama jika sudah terjadi patah-patah. Tapi kalau dibiarkan terus-menerus pasti akan mengalami AFK. Mungkin Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb berikut bisa menjadi solusi.

8 Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2 GB agar Lancar

Dengan begitu performa smartphone lebih meningkat dan makin lancar untuk bermain game tersebut.

1. Install Game Booster

Sebenarnya Mobile Legend bisa dimainkan di smartphone dengan spesifikasi RAM 2 GB. Tapi di beberapa kondisi, permainan tersebut mengalami lag karena kinerja ponsel yang terus dipaksa. Oleh karena itulah, perlu meng-install aplikasi game booster untuk meningkatkan performanya. Fungsi lainnya adalah memaksimalkan jaringan dan membebaskan memori dengan menutup aplikasi selain ML.

Pengguna bisa menemukan berbagai jenis game booster di Play Store. Tapi ada salah satu rekomendasi yang mungkin dapat dijajal untuk mengatasi lag. Aplikasi tersebut bernama CM GameBooster yang merupakan besutan dari Cheetah Mobile Play. Setelah memasangkannya pengguna memperoleh peningkatan kecepatan hingga 30%. Kinerja RAM juga lebih dimaksimalkan.

2. Turunkan Kualitas Grafik ML

Sudah tahu spesifikasi ponsel pas-pasan tapi memainkan Mobile Legend dengan grafik high, akibatnya tentu mengalami lag. Pengguna smartphone RAM 2 GB sebaiknya tidak memaksakan diri dan bermain ML di grafik yang rendah atau sedang. Karena grafik yang tidak sesuai dengan spesifikasi membuat kinerja HP lemot.

Karena itulah, pengguna HP low end sebaiknya melakukan Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb yang kedua ini. Turunkan kualitas grafik dengan melakukan pengaturan berikut:

  • Bukalah game Mobile Legend dan pilih Basic Info.
  • Lalu masuklah ke menu Pengaturan.
  • Ubah bagian graphics dengan menceklis opsi Low.

3. Bersihkan Memori Internal

Semakin lama bermain Mobile Legend tentu ukurannya tambah besar karena selalu di-update, sedangkan tidak ada perubahan dari spesifikasi ponsel. Hal inilah yang bisa menyebabkan lag karena ruang penyimpanan internal menjadi penuh. Cara mengatasi yang paling mudah adalah memindahkan berkas berukuran besar, seperti video ke memori eksternal atau perangkat lain.

Selain itu, cara mengatasi lainnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang sudah lama tidak dipakai. Proses uninstall bisa dilakukan dengan mengikuti langkah berikut:

  • Masuklah ke Google Play Store dan tap garis tiga.
  • Lalu klik menu My apps & games.
  • Masuk lagi ke bagian Installed.
  • Urutkan aplikasi yang terinstall berdasarkan penggunaan terakhir.
  • Scroll layar ke bawah dan uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

4. Maksimalkan Performance

Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb keempat yaitu dengan memaksimalkan performa ponsel. Setiap handphone pasti dibekali dengan fitur penghemat baterai. Tapi ternyata, mengaktifkan pengaturan tersebut membuat performa menjadi turun dan mengakibatkan lag saat bermain game Mobile Legend.

Jadi sebelum memainkannya, lebih baik mengganti Performance-nya agar bisa memaksimalkan penggunaan jaringan dan CPU, sehingga ponsel lebih kencang. Cara mengubah Normal Mode ke Performance dapat dilakukan dengan langkah berikut:

  • Bukalah Pengaturan dan masuk ke menu Power Management.
  • Lalu buka opsi Power Saver.
  • Terakhir, tinggal ganti modenya ke Performance.

5. Mainkan Game di Jaringan 4G

Patah-patah saat bermain bukan hanya disebabkan oleh spesifikasi ponsel, tapi juga mungkin karena kualitas jaringan. Koneksi yang tidak memadai membuat game Mobile Legend kurang berjalan dengan baik, sehingga terjadi lag. Tentu merugikan bukan jika sedang asyik menyerang tiba-tiba berhenti dan kalah? Apalagi saat berada di akhir game.

Sebab itulah, bermainlah di lokasi yang memiliki kualitas jaringan terbaik agar Mobile Legend berjalan dengan stabil. Pastikan pula Ping tidak melebihi 200ms supaya terhindar dari lag. Kalau perlu, kunci jaringan di 4G supaya lebih lancar. Jika masih patah-patah, coba mainkan game-nya dengan memakai WiFi.

6. Hindari Bermain Sambil Charging

Perlu diketahui, bahwa Mobile Legend akan menjadi lemot saat kapasitas baterai tinggal 15%. Dan kebiasaan buruk yang masih saja dilakukan oleh banyak orang adalah menggunakan ponsel sambil di-charging. Bukannya kinerja makin cepat, malah game mengalami patah-patah. Akibat lainnya yaitu membuat handphone lebih panas (overheating).

Langkah baik yang harus dilakukan adalah berhenti dan tidak bermain game sambil mencharge ponsel. Jika memang terpaksa karena permainan hampir selesai, sebaiknya lepas pelindung casing supaya suhu dapat tersalurkan. Lalu segera tuntaskan dan isi daya hingga penuh.

7. Matikan Notifikasi Ponsel

Cara berikutnya untuk mengatasi lag saat bermain Mobile Legend adalah menonaktifkan notifikasi dari aplikasi lain, seperti Instagram dan WhatsApp. Karena pemberitahuan yang masuk ternyata dapat mengakibatkan patah-patah. Jadi sebaiknya matikan notifikasi tersebut untuk sementara agar lebih lancar ketika bermain. Langkah mematikannya yaitu:

  • Masuk ke Pengaturan dan klik Notifikasi & bar status.
  • Klik Notifikasi aplikasi.
  • Cari aplikasi yang hendak dinonaktifkan pemberitahuannya dan geser tombol di bagian Tampil Notifikasi.

8. Berhentilah Setelah Tiga Permainan

Pengguna smartphone dengan RAM 2gb sebaiknya tidak memaksakan untuk bermain secara terus-menerus karena menurunkan kinerjanya. Seharusnya, jika selesai bermain tiga game, berhenti dahulu dan dinginkan HP. Selain itu, bersihkan data sementara yang tersimpan dengan aplikasi pembebas RAM atau fitur clear cache.

Itulah Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb yang disebabkan oleh penurunan kinerja atau kualitas jaringan. Sebaiknya mainkan game sesuai dengan spesifikasi ponsel. Jika dirasa terlalu lama bermain dan HP mengalami overheating, segeralah berhenti. Yang paling penting, jangan bermain sambil mencharge.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall

7 Penyebab Find My iPhone Tidak Berfungsi, Apa Saja?