in

Cara Mengatasi Mikrotik Gagal Booting yang Sangat Mudah

Bagaimana cara mengatasi mikrotik gagal booting? Pertanyaan semacam itu, mungkin terdengar asing di telinga para pengguna PC yang tidak paham dengan seluk beluk sistem operasi Linux. Pasalnya, Mikrotik merupakan sebuah sistem operasi Linux yang sering dimanfaatkan sebagai router jaringan. 

Sistem operasi ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pengguna jaringan komputer skala besar guna memudahkan konfigurasi dan administrasi.Sistem Operasi Mikrotik tidak direkomendasikan untuk pengguna PC dalam skala non jaringan atau penggunaan perseorangan. 

Oleh sebab itu, tidak heran jika pengguna awam asing dengan istilah Mikrotik. Bagi pengguna Mikrotik yang sedang mengalami kendala gagal booting, berikut terdapat 3 cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Melalui Tombol Reset pada Router

Adapun cara pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi gagal booting pada sistem operasi. Mikrotik adalah dengan memanfaatkan tombol reset yang terdapat pada router. Lakukan reset konfigurasi melalui tombol reset yang ada di setiap board-nya.

Untuk router Mikrotik indoor, biasanya tombol reset terletak di bagian casing dan terdapat keterangan berupa tulisan “reset”. Sedang pada router outdoor, tombol reset berada di bagian dalam, jadi pengguna harus terlebih dahulu membuka casingnya. Agar tidak mengalami kesulitan, pahami dulu langkah melakukan reset konfigurasi berikut:

  • Tekan tombol reset pada router. Sebelum menekan tombol reset pada router, patikan power adaptor telah dilepas terlebih dulu. Kemudian, sambil menekan tombol reset, tancapkan kembali power adaptornya.
  • Lepaskan tombol reset. Tunggu lebih kurang 5 detik sampai dengan lampu indikator LED ACT kedip satu kali. Bari setelah itu, lepaskan tombol reset pada router. Tunggu proses booting sampai selesai. Dengan berakhirnya proses booting, maka router Mikrotik akan kembali ke default konfigurasi.

Menggunakan Cara Hard Reset

Selanjutnya, setelah melakukan cara pertama untuk memperbaiki Mikrotik yang gagal booting bisa menggunakan cara kedua, yaitu hard reset. Cara ini boleh dilakukan jika cara pertama sudah terlebih dahulu dicoba namun, gagal booting pada Mikrotik tidak juga dapat teratasi. Untuk beberapa produk, hard reset harus dilakukan dengan membuka casing terlebih dahulu.

Pengguna harus menemukan tembaga berbentuk C yang saling berhadapan. Khusus untuk produk yang sudah embedded, yakni RB751U-2HnD dan RB750 tembaga tersebut biasanya terletak di dalam lubang bagian bawah router. Agar bisa melakukan hard reset pada Mikrotik dengan lancar, ikuti langkah berikut:

  • Menghubungkan sisi yang terpotong menggunakan pinset. Sebelum melakukan hal ini, pastikan power adaptor router Mikrotik telah dimatikan.
  • Nyalakan power adaptor sembari menahan tombol reset. Tunggu lebih kurang 30 detik dan biarkan prosesnya berjalan sebagaimana mestinya. Jika sudah lepaskan jumper reset hole-nya. Beberapa saat kemudian, router Mikrotik akan ter reset dengan sendirinya.

Ketika hard reset ini dilakukan, maka semua konfigurasi yang terdapat di dalam router Mikrotik terdahulu akan otomatis dihapus oleh sistem. begitu pun juga, dengan username dan passwordnya, kedua hal tersebut juga akan ikut terhapus. Untuk dapat login kembali, silahkan memakai username admin dan kosongkan kolom passwordnya.

Memanfaatkan Aplikasi Netinstall

Cara yang ke-3 ini biasanya dilakukan jika Mikrotik gagal booting akibat sistemnya korup serta perbaikan tidak bisa dilakukan melalui metode reset. Langkah ini merupakan cara terakhir. Pengguna perlu melakukan perbaikan melalui Netinstall.

Netinstall ini merupakan cara untuk melakukan install ulang atau flashing pada sistem operasi Mikrotik. Untuk bisa melanjutkan aktivitas install ulang ini, pengguna Mikrotik harus melakukan pengunduhan aplikasi Netinstall dan mengunduh RouterOS image terlebih dahulu. Baru, setelah aplikasi tersedia di dalam PC, proses perbaikan bisa dilakukan.

Adapun langkah untuk memperbaiki mikrotik gagal booting melalui Netinstall adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Netinstall melalui official website Mikrotik. Usahakan untuk melakukan pengunduhan versi LTS-nya atau long term support agar lebih produktif. Jangan lupa untuk mengunduh versi OS yang digunakan.
  • Unduh routerOS image. Lakukan pengunduhan routerOS sesuai dengan tipe dan jenis Mikrotik yang digunakan. Untuk yang belum tahu jenis Mikrotiknya, silahkan lihat stiker yang tertempel di bagian belakang Mikrotik.
  • Hubungkan Mikrotik dengan komputer menggunakan kabel LAN. Proses install ulang Mikrotik hanya bisa dilakukan menggunakan komputer. Jadi, pastikan komputer dan Mikrotik terhubung secara langsung menggunakan kabel LAN. Pasang kabel LAN di port 1 Mikrotiknya.
  • Lakukan setting IP LAN Static. Untuk bisa melakukan install ulang komputer harus di setting IP static dengan cara manual.
  • Jalankan dan lakukan setting Aplikasi Netinstall pada Linux. Ikuti prosesnya, jika sudah hidupkan Mikrotik ke dalam mode Netinstall dan lakukan flashing pada mikrotik.

Sekadar informasi tambahan, untuk melakukan perbaikan pada mikrotik yang gagal booting menggunakan metode Netinstall. Mikrotik harus terlebih dulu masuk ke dalam mode Netinstall. Jika tidak, maka proses flashing tidak akan bisa diteruskan. Jadi, pastikan hal tersebut sudah benar-benar dilakukan.

Demikian cara mengatasi Mikrotik gagal booting ketika kerusakan yang dialami masih dalam taraf ringan. Router masih bisa menyala saat disambungkan kabel power. Tetapi, apabila bunyi beep tidak terdengar dan lampu indikator mati, segera bawa Mikrotik ke service center terdekat.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Mikrotik Tidak Bisa di Reset? Coba Lakukan Cara Ini!