in

Cara Reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall

Dalam beberapa kasus terdapat kegagalan dalam menginstal Mikrotik RB951UI 2HND ke PC atau ke routerboard, error maupun lupa password. Hal tersebut menyebabkan router tidak dapat diakses. Untuk mengatasinya bisa dengan cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall. 

Cara ini termasuk ampuh untuk mengatasi masalah yang dialami. Sebelum melakukan cara ini pengguna juga bisa mencoba untuk melakukan hard reset atau soft reset terlebih dahulu. Namun jika hasilnya nihil maka langkah ini merupakan cara pamungkas yang bisa dilakukan. 

Apa Itu Netinstall? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall, kenali dulu apa itu Netinstall. Netinstall sendiri merupakan sebuah software yang digunakan untuk menginstal router Mikrotik lewat jaringan ethernet. Dari berbagai cara instalasi Mikrotik cara ini yang cukup populer untuk digunakan. 

Untuk melakukan reset pada Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall, perangkat yang digunakan harus mendukung jaringan ethernet. Selain itu pastikan juga bahwa tidak terhalang dengan antivirus dan firewall. Selain itu Netinstall juga bisa digunakan untuk install ulang Mikrotik jika terjadi kesalahan. 

Dengan menggunakan Netinstall maka semua konfigurasi maupun data backup yang ada akan terhapus. Dengan demikian pengguna dapat melakukan reset untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. Oleh sebab itu Netinstall adalah cara pamungkas untuk mengatasi masalah pada router Mikrotik. 

Perangkat yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Reset

Ketika melakukan reset pada router Mikrotik yang error atau tidak dapat diakses membutuhkan beberapa perangkat pendukung. Cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall sebenarnya tidaklah sulit. Oleh sebab itu siapkan beberapa hal di bawah ini sebelum memulai reset:

  • PC untuk melakukan reset harus memiliki ethernet port dan serial port.
  • Aplikasi Netinstall.
  • Kabel UTP.
  • File Mikrotik RB951UI 2HND yang akan diinstal ke routerboard.

Cara Reset Mikrotik dengan Netinstall

Apabila semua perangkat yang dibutuhkan sudah disiapkan, selanjutnya pengguna sudah bisa melakukan reset. Untuk melakukan reset ini tidak membutuhkan waktu lama. Bagi pemula bisa menghabiskan waktu 30 menit hingga proses selesai. Bagaimana caranya?

1. Download Netinstall dan File Mikrotik ke PC

Sebagai langkah awal tentu saja pengguna harus menginstall aplikasi Netinstall terlebih dahulu. Pengguna bisa mendapatkan aplikasi ini dengan gratis dan sangat mudah melalui browser. Simpan file download pada tempat yang mudah ditemukan.

Kemudian unduh juga file Mikrotik sesuai dengan tipe yang digunakan. Dalam hal ini pengguna menggunakan Mikrotik RB951UI 2HND. Untuk mendapatkannya pengguna bisa mengunduh melalui laman mikrotik.com/download. 

2. Sambungkan Routerboard ke PC

Setelah semua file yang dibutuhkan tersedia di PC langkah berikutnya adalah dengan menghubungkan routerboard dengan PC. Aktifkan routerboard terlebih dahulu. Setelah itu sambungkan routerboard menggunakan kabel UTP ke port ethernet di PC.

Untuk menyambungkannya, perlu melakukan konfigurasi terlebih dahulu di PC pengguna. Untuk melakukannya simak caranya sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi control panel.
  • Klik pada menu network and sharing center.
  • Pada bagian tersebut klik tab change adapter setting.
  • Setelah itu akan muncul berbagai network connection salah satunya ethernet. Pada bagian tersebut klik kanan dan pilih properties.
  • Selanjutnya centang pada bagian Internet protocol yang version 4.
  • Kemudian tekan properties.
  • Setelah itu masukkan nomor IP address dengan IP statik.
  • Terakhir klik Ok. 

2. Setting Netbooting

Selanjutnya cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall adalah dengan melakukan ekstrak file Netinstall yang sudah diunduh. Setelah diekstrak file tersebut akan berubah format menjadi .exe. selanjutnya buka aplikasi tersebut. 

Klik allow access agar aplikasi dapat berjalan. Setelah Netinstall terbuka hal yang selanjutnya dilakukan adalah netbooting. Pada halaman Netinstall, klik menu netbooting. 

Berikutnya akan muncul kotak dialog dan pengguna diminta untuk memasukkan alamat IP. Pada bagian tersebut pengguna bisa memasukkan alamat Ip yang sesuai dengan IP komputer. Setelah itu klik Ok untuk melanjutkan. 

4. Reset Routerboard

Langkah berikutnya adalah melakukan reset routerboard. Untuk melakukannya tekan tombol reset pada routerboard lalu cabut kabel adaptor pada routerboard sembari masih menekan tombol tersebut. Selagi masih menekan tombol tersebut nyalakan kembali routerboard dan tunggu hingga muncul tampilan router Mikrotik RB951UI 2HND milik pengguna. 

Apabila router sudah terdeteksi di aplikasi netinstal, lepaskan tombol reset tersebut. Selanjutnya pada kolom router/device di Netinstall klik pada alamat mac address router pengguna. Kemudian pada bagian packages, pilih lokasi penyimpanan file router yang telah diunduh sebelumnya dan klik browse

5. Install Router

Langkah terakhir dalam cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall adalah dengan melakukan instalasi ulang. Setelah klik browse nantinya akan muncul file router pengguna. Centang file tersebut lalu klik instal. 

Setelah proses instalasi selesai dilakukan reboot untuk menyelesaikan proses ini. Dengan melakukan langkah ini maka pengguna sudah menyelesaikan proses reset router Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall. Setelah ini pengguna sudah bisa membuat konfigurasi lagi dan login ke Mikrotik. 

Itu tadi adalah cara reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall. Dengan menggunakan cara ini maka semua konfigurasi akan dihapus dan dikembalikan lagi seperti mode default. Setelah berhasil melakukan langkah-langkah di atas maka router Mikrotik yang semula tidak dapat diakses kini sudah dapat diakses kembali. 

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Tutorial Cara Setting IP Mikrotik dengan Winbox Lengkap!