in ,

6 Cara Setting Mikrotik Hotspot Sampai Berhasil

Mikrotik Hotspot ini ialah sebuah sistem yang dipakai memverifikasi pengguna yang mau memakai jaringan internet hotspot. Contoh paling gampang di kafe, pelanggan mesti menginput nama pengguna dan kata sandi sebelum dapat mengakses hotspot internet. Lakukan satu-persatu dari enam langkah dibawah dengan cermat, maka jaringan internet akan terlindungi dari pengguna yang tidak seharusnya mendapat akses internet ini.

Serba-serbi Mikrotik Hotspot

Memasang hotspot baik di tempat usaha seperti kafe dan restoran, atau rumah tempat tinggal sudah seperti hal yang wajib. Sekarang hampir semua perlu sambungan internet. Mikrotik hotspot hadir supaya pemilik hotspot dapat mengatur jaringan yang dimiliki dan mungkin dipakai orang lain. Perbedaan mikrotik dengan hotspot biasa ada pada cara mengaksesnya. Mikrotik memerlukan password, hotspot biasa tidak.

Hotspot itu gabungan dari macam-macam layanan yang ada di Mikrotik, yaitu server DHCP yang dipakai untuk memberikan service IP otomatis pada pengguna. Firewall NAT berfungsi dalam translasi IP pengguna ke IP yang dapat dikenali ke internet. 

Firewall filter berfungsi memblock pengguna yang tidak login secara benar, karena itu cara setting Mikrotik Hotspot harus dipahami. Proxy berfungsi untuk menampilkan login page.

6 Langkah Menyeting Mikrotik Hotspot dengan Benar

Setelah memahami perlunya Mikrotik Hotspot, pahami cara setting Mikrotik Hotspot. Perhatikan dan amati fitur paduan dari semua layanan yang ada di mikrotik seperti server DHCP, Firewall NAT dan filter.  Beruntung semua service yang ada di Mikrotik tidak usah dibuat secara manual. Tinggal dilakukan langkah-langkah untuk menyetingnya sebagai berikut:

1. Membuka Menu IP untuk Setup Hotspot

Pertama-tama buka menu IP atau Internet Protocol lalu tap menu Hotspot diikuti dengan Hotspot Setup. Dengan tombol Hotspot Setup itu, keluar wizard Hotspot yang akan menuntun penyetingan dengan menampilkan suatu kotak dialog di tahapan langkahnya.

Di kotak wizard pertama pengguna diminta mengetikkan interface Hotspot yang mana akan dibikin aktif. Sebagai contoh Hotspot diaktifkan di wlan2, dimana wlan2 telah di set jadi ap-bridge yaitu poin yang diakses. Jika sudah klik Next dan pengguna akan dibawa pada wizard selanjutnya.

2. Memasukkan IP Address

Bila pada interface wlan2 sudah ada alamat IP, maka pada langkah nomor dua ini, dengan otomatis terisi IP Address yang ada di wlan2. Namun bila IP belum terpasang otomatis cara setting Mikrotik Hotspot dilanjutkan dengan menentukan IP. 

Klik set pool untuk alamat IP, masukkan range alamat IP yang diberi oleh DHCP Server pada pengguna dengan benar lalu klik next. Dengan cara default, range IP yang cocok dengan prefix atau subnet IP ditampilkan oleh router otomatis yang ada di interface. Pengguna dapat merubahnya bila dibutuhkan kemudian klik “selanjutnya.”

3. Menentukan Sertifikat SSL

Langkah selanjutnya ialah menentukan Sertifikat SSL pada wizard yang muncul. Bila pengguna mau memakai HTTPS bagi laman login, pilih salah satu sertifikat dengan mengklik tanda panah di bagian kanan. Namun bila pengguna tidak punya sertifikat SSL, pilihlah none diikuti tap “selanjutnya”.

Kondisi ini terjadi bila Layanan SMTP spesial untuk layanan hotspot dibutuhkan, sehingga tiap permintaan SMTP pelanggan diarahkan pada SMTP yang ditentukan. Tetapi jika tidak disediakan layanan SMTP, IP 0.0.0.0 bisa dipakai sebagai default. Sesudah itu klik Next.

4. Memasukkan Setup DNS Configuration

Di langkah selanjutnya, cara setting Mikrotik Hotspot dilanjutkan dengan menentukan alamat DNS Server. Ketikkan angka yang diberi oleh ISP pada kotak DNS Servers atau memakai open DNS. Sebagai contohnya pengguna memakai DNS Server milik Google. Jika sudah selesai klik Next.

Langkah berikut pengguna diminta menginput nama DNS dari server hotspot lokal. Bila diisikan, nantinya tiap pengguna yang belum login tapi mau mengakses internet, maka browsernya akan diarahkan pada halaman login ini. 

Pada halaman login ini nama DNS sebaiknya memakai format FQDN yang benar. Bila tidak diisi maka halaman login akan memakai url IP address dari wlan2. Tap next jika kotak DNS sudah diisi.

5. Menentukan Username dan Password

Langkah selanjutnya ialah menentukan nama pengguna dan kata sandi guna login pada jaringan hotspot. Nama pengguna ini nantinya akan digunakan guna mencoba jaringan hotspot. Jika langkah ini sudah dikerjakan akan keluar pesan dengan pernyataan bahwa proses setting Hotspot sudah rampung.

6. Menyambungkan Komputer pada WiFi

Selanjutnya cara setting Mikrotik Hotspot adalah menyambungkan komputer pada wifi hotspot yang telah dibuat. Buka peramban lalu akses sembarang web yang memakai protokol http. Sebab hotspot mikrotik belum mendukung proses redirect web memakai https.

Pengguna kemudian dialihkan pada halaman login dari hotspot yang disediakan oleh Mikrotik. Guna mencoba, login dengan memasukkan nama user dan sandi (password) yang telah dikreasi sebelumnya. Jika berhasil halaman web yang diminta akan terbuka dan ada popup status page dari Hotspot.

Demikian tadi serba-serbi dan cara setting Mikrotik Hotspot. Tanpa Mikrotik Hotspot, jaringan mungkin akan diakses terlalu banyak pengguna sehingga kecepatan menurun dan menyebabkan ketidakpuasan. Dengan mikrotik hotspot ini pemilik hotspot bisa menyaring pengguna aktif.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Setting Mikrotik Rb951ui-2hnd dari Awal dengan Winbox