in

Cara Setting Mikrotik RB750GR3 Untuk Hotspot Voucher

Para pemilik WiFi atau mungkin orang yang bekerja di bidang teknologi pasti sudah tidak asing lagi dengan Mikrotik. Salah satunya adalah Mikrotik RB750GR3, ada cara setting Mikrotik RB750GR3 untuk hotspot voucher. Cara ini memungkinkan para pemilik WiFi membagikan jaringan WiFi dengan sistem hotspot.

Cara ini banyak diterapkan tempat-tempat umum, bisnis, dan fasilitas-fasilitas besar. Seperti di rumah makan, café, maupun tempat-tempat lainnya. Sistem ini tujuannya untuk memudahkan orang lain menyambungkan internetnya ke jaringan WiFi yang ada. Dengan sistem hotspot maka orang yang memiliki voucher dari hotshpot ini saja yang bisa masuk.

Sebenarnya, ada banyak produk yang mampu melakukan sharing ini. Namun, Mikrotik jenis RB750GR3 menjadi pilihan yang cukup baik.

Mengenal Perangkat Mikrotik RB750GR3

Ada berbagai tipe dan jenis dari perangkat Mikrotik. Namun, tidak ada yang memiliki kelebihan dan keunikan tipe RB750. Khususnya RB750GR3, perangkat ini memiliki keunggulan di ukurannya yang sangat kecil. Namun, sambungkan port ethernetnya cukup banyak yaitu ada 5 port.

Port ini bisa mendukung kecepatan transfer data hingga 10/100. Menggunakan prosesor yang terbilang baru yaitu Athero 400 MHz. Walaupun berukuran compact dan kecil, mikrotik tipe ini sudah termasuk lisensi level 4. Memiliki adaptor hingga 12 V.

Mengenal Sistem Hotspot Voucher

Contoh sederhana dari hotspot voucher adalah ketika para pengguna sedang menggunakan fasilitas WiFi di sebuah Café atau tempat lainnya. Kemudian, para pengguna diminta untuk memasukkan username tertentu atau data tertentu agar mendapatkan akses WiFi tersebut.

Pengisian data tersebutlah yang dinamakan sebagai hotspot voucher. Sistem ini dapat membantu pihak pengelola untuk membatasi jumlah perangkat yang tersambung di jaringan WiFi. Jadi hanya orang yang benar-benar memiliki voucher atau syarat menghubungkan itu saja, yang dapat menikmati jaringan WiFI.

Cara Mengatur Mikrotik RB750GR3 Untuk Hotspot Voucher

Setelah mengenal mengenai perangkat Mikrotik RB750GR3 berikut juga dengan sistem dari hotspot voucher itu sendiri. Selanjutnya, barulah akan dibahas bagaimana cara mengatur Mikrotik RB750GR3 untuk hotspot voucher. Untuk melakukannya, para pengguna perlu menggunakan user interface Winbox.

1. Menentukan Topologi

Sebelum menjadikan perangkat RB750 sebagai server hotspot. Sebelumnya, para pengguna harus menentukan topologi yang akan dimanfaatkan. Jadi, para pengguna harus menentukan mana yang akan menjadi WAN, Client dari Hotspot begitu juga jaringan LAN. Ada berbagai contoh dan referensi topologi yang bisa digunakan dan disesuaikan oleh para pengguna. Para pengguna tinggal menggunakannya sesuai dengan kebutuhan saja.

2. Buka Winbox Pada Menu IP Address

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara setting Mikrotik RB750GR3 untuk hotspot voucher ini dilakukan melalui Winbox. Winbox merupakan tempat administrasi dan proses konfigurasi dari Mikrotik. Buka Winbox dan akun dari Mikrotik, kemudian langsung menuju ke menu IP Address. Pada menu ini, lanjutkan dengan memilih opsi Hotspot kemudian, beralih ke hotspot setup.

3. Tentukan Hotspot Interface dan IP Address Gateway

Pada tahap cara setting Mikrotik rb750gr3 untuk hotspot voucher ini, para pemilik perlu menentukan hotspot internet yang akan akan digunakan. Yaitu, port yang akan dihubungkan dengan Acces Point. Para pengguna bisa menyesuaikannya dengan topologi yang dipilih sebelumnya.

Biasanya yang paling banyak digunakan adalah Esther 2. Selanjutnya, para pengguna bisa menentukan IP Address Gateway. Jika yang dipilih sebelumnya adalah Esther 2. Maka IP Address gateway ini akan otomatis menjadi IP Address Esther 2.

4. Menentukan SSL dan SMTP Server Hotspot

Setelah itu, para pengguna akan menentukan Pool DHCP Server yang akan menjadi range atau skala dari IP Address tersebut. Klik next untuk melanjutkan pada penentuan SSL. Biasanya setelah DHCP sudah ditentukan, SSL akan terisi secara otomatis. Jadi, para pengguna tinggal klik None kemudian, Next.

Kemudian, para pengguna harus mengisi SMTP Server. Jika memang tidak ada atau tidak memiliki, para pengguna tidak perlu panik, cukup isi kolom dengan kode 0.0.0.0 saja. Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol Next.

5. Mengatur Server DNS

Hal selanjutnya yang perlu diatur adalah server dari DNS, dimulai dengan menginput DNS server yang akan digunakan. Untuk kode IP DNS ini, para pengguna bisa mencarinya di internet saja.

Misalnya, untuk menjadikan Google sebagai IP Address provider, para pengguna bisa memasukkan kode 8.8.8.8 di dalam kolom. Namun, masih banyak penyedia lainnya yang bisa dipilih oleh pengguna. Jadi, tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan saja.

Selanjutnya, tentukan nama dari domain DNS yang akan mengarahkan orang yang menyambungkan WiFi pada halaman loginnya. Perlu diingat, bahwa domain DNS ini harus menggunakan nama domain lokal yang sesuai dengan wilayah. Jika tidak, maka orang yang menyambungkan WiFi akan kesulitan untuk menyambungkan. Selanjutnya, barulah para pengguna bisa klik Apply, kemudian OK.

6. Tentukan Username dan Password yang Diinginkan

Setelah proses di atas selesai, para pengguna akan melihat halaman login yang sudah dibuat sebelumnya. Pada tahap ini, para pengguna bisa menambahkan username dan password yang diinginkan.

Para pengguna juga bisa melakukan pengaturan lebih lanjut pada user yang ditambahkan ini. Misalnya saja, mengatur batas kecepatan yang digunakan oleh user, sampai jumlah maksimal user yang bisa tersambung, dan sebagainya.

Itulah cara setting Mikrotik RB750GR3 untuk hotspot voucher yang bisa dilakukan. Sistem ini sangat cocok diterapkan bagi orang yang ingin membuka usaha, seperti Café atau tempat nongkrong lainnya.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Setting Mikrotik dari Awal Sampai Akhir dengan Winbox