in

Mengapa Mikrotik Tidak Bisa Superchannel? Begini Alasannya!

Internet kini menjadi suatu kebutuhan penting. Karena hampir segala yang dilakukan akan melibatkan internet. Semakin canggihnya zaman, semakin dibutuhkan kehadiran internet tersebut. Karena besarnya permintaan, perusahaan mikrotik memiliki cara untuk memberikan layanan internet agar bisa digunakan semua perangkat. Bahkan yang ingin meningkatkan frekuensi mikrotiknya menjadi superchannel tetapi tidak bisa. Mengapa mikrotik tidak bisa superchannel? Begini alasannya:

Penjelasan Mikrotik

Sebelum masuk ke pembahasan mikrotik tidak bisa menjadi superchannel, alangkah baiknya mengetahui tentang mikrotik. Mikrotik merupakan suatu perusahaan yang berada di negara Latvia, dan dibentuk oleh dua orang bernama John Trully dan Arnis Riekstins.

Proyek pertama mereka yaitu membuat sistem operasi Linux dan juga MS DOS. Keduanya ini kemudian dikombinasikan menggunakan bantuan teknologi yang berbasis wireless (nirkabel) LAN (Local Area Network) dengan kecepatan 2 Mbps di Moldova.

Seiring berkembangnya zaman, mikrotik mengembangkan sayapnya. Tidak hanya membuat wireless ISP (Internet Service Provider), tetapi sebuah program router terbaru yang lebih handal dan bisa digunakan untuk seluruh negara.

Bisa dijelaskan bahwa mikrotik adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk memberikan layanan internet dengan cara menjadikan komputer tersebut sebagai router jaringan. Oleh karenanya, mikrotik ini sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dalam membangun suatu sistem jaringan komputer dari skala kecil maupun besar. Contoh sederhana mikrotik ini adalah hotspot, hanya tertuju ke router jaringan tertentu saja.

Mikrotik memiliki fungsi yaitu untuk mengatur serta konfigurasi LAN dalam penggunaan PC Mikrotik RouterOS, beserta perangkat keras dengan kapasitas sangat rendah. Pengaturan jaringan internet bisa dilakukan secara terpusat sehingga akan memberikan kemudahan para admin dalam mengelola suatu channel. Fungsi lainnya yaitu mampu memblokir situs dengan konten yang dilarang tegas oleh Pemerintah dalam Undang-Undang.

Penjelasan Superchannel

Superchannel atau dikenal dengan nama saluran super ini merupakan sebuah evolusi dimana beberapa pembawa optik berupa koheren. Lalu digabungkan menjadi satu untuk membuat saluran dengan akan menambah kecepatan lebih tinggi. Simpelnya superchannel ini berguna untuk memperbesar saluran channel dengan bantuan perangkat wireless.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang superchannel. Ada perbedaan dasar antara superchannel dengan WDM konvensional yaitu dari ruang salurannya. WDM konvensional tidak mampu mengurangi ruang saluran atau celah salurannya, namun Superchannel mampu. Teknik bagaimanapun yang digunakan untuk mengurangi celah salurannya dalam mendekati bandwidth, bisa dihubungkan dengan transmisi superchannel.

Mengapa Mikrotik Tidak Bisa Superchannel?

Sekarang masuk ke pembahasan intinya, mengenai kenapa superchannel tidak bisa terprogram dengan mikrotik. Ada beberapa alasan, mulai dari perihal frekuensi, saluran channel yang berbeda, dan lainnya. Berikut ini penjelasan alasannya:

1. Adanya Aturan Batasan Penggunaan Frekuensi Internet di Indonesia

Frekuensi internet di Indonesia dibatasi penggunaannya karena beberapa hal. Di Indonesia rentang frekuensi yang diperbolehkan itu berkisar 2,4 GHz. Dan untuk Superchannel itu sendiri diatas 2,4 GHz. Tujuannya adalah untuk menghindari naiknya throughput berlebihan sehingga akan meningkatkan interferensi.

2. Harus Melakukan Penggantian Channel Menjadi Superchannel

Mikrotik sudah memiliki produk-produk tersendiri, karena mikrotik mengikuti aturan dari berbagai negara dengan izin rentang frekuensi 2,4 GHz atau bisa sekitar 11 channel. Jika suatu perusahaan sudah melebihi 20 channel, akan terjadi loss atau keterlambatan pesan masuk. Dan itu bisa dilakukan dengan mengurus perizinan.

Harus dilakukan netinstall untuk menjadikannya superchannel. Caranya yaitu menggunakan chipset jenis Atheros AR5413 milik superchannel yaitu mini-PCI R52, CM9 dan R52H. Chipset inilah yang bisa di program oleh Mikrotik.

3. Mengontrol Penggunaan Frekuensi

Berikutnya alasan dari mikrotik tidak bisa superchannel karena terkadang bagi sebagian orang akan merasa kurang dengan mikrotik yang hanya bisa penggunaan 11 channel. Sehingga akan menggunakan perangkat atau penguat daya yang tidak bersertifikat. Jika hal itu terjadi akan merusak kualitas dari perangkat WLAN tersebut. Jika ingin menggunakannya, pakai yang bersertifikat dan sudah memiliki izin.

4. Superchannel Hanya Boleh Dipergunakan untuk Kebutuhan Penting

Superchannel ini hanya diperuntukkan untuk pelaku usaha yang jaringan relasinya sudah besar. Seperti Telegram dan Linkedin. Karena kedua itu dibutuhkan frekuensi internet yang besar untuk menghindari loss, atau keterlambatan pesan masuk.

5. Superchannel Hanya Bersifat Sementara

Alasan terakhir mikrotik tidak bisa superchannel ialah karena telah dijelaskan pada poin-poin diatas, bahwa superchannel hanya bersifat sementara. Karena ada alasan pada poin pertama, adanya aturan dalam penggunaannya. Jika banyak pengguna yang menggunakan superchannel, akan terjadinya interferensi. Jika semakin banyak yang menggunakan jelas dampaknya ialah akan semakin terjadinya interferensi atau mengalami gangguan dalam jaringan.

Maka dari itu superchannel hanya bersifat sementara, bukan permanen, dan itu dengan menggunakan Mini-PCI R52 dan yang lainnya tersebut. Namun untuk sebuah perusahaan yang memiliki banyak channel, mungkin bisa menggunakan superchannel yang lebih besar rentang frekuensinya daripada Mini-PCI 52.

Alasan Mengapa Lebih Baik Menggunakan Superchannel

Digunakannya superchannel karena metode ini mampu mengatasi masalah gangguan pada saluran channel. Dengan memanfaatkan superchannel yang dihubungkan dengan perangkat wireless mampu mempercepat kecepatan rentang frekuensi nya. Menggunakan superchannel disebut lebih bijaksana dalam penggunaan dengan channel banyak daripada harus melakukan penguat daya atau booster 2,4 GHz.

Itulah penjelasan sederhana mengenai mikrotik tidak bisa superchannel. Jadi perlu diperhatikan dalam penggunaannya. Serta gunakan juga dengan bijak, karena jika sembarang akan merugikan yang lainnya juga.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara Mengatasi Mikrotik Gagal Booting yang Sangat Mudah