in

Mikrotik Error Setelah Mati Lampu, Begini Solusinya Dan Simak Ulasan Penjelasan Mikrotik Lengkap!

Bisa dikatakan kebutuhan pokok saat ini tidak hanya pangan, papan dan sandang. Namun juga internet menjadi yang dibutuhkan dalam kegiatan sehari hari. Maka dari itu untuk mempermudah pengembangan layanan internet muncul teknologi terbaru yaitu mikrotik. Namun, biasanya mikrotik error setelah mati lampu. 

Pengguna tidak perlu khawatir akan dipaparkan semuanya disini, mulai dari apa itu mikrotik? dan berbagai penjelasannya akan dibahas lebih detail hingga solusi saat mikrotik error. Pasalnya  keberadaan mikrotik sangat berperan dalam era digital sekarang ini. Berikut ulasan lengkapnya:

Apa itu Mikrotik, Bedakah Dengan Router?

Sebelum membahas mengenai solusi mikrotik error setelah mati lampu. Maka para pembaca harus lebih mengenal terlebih dahulu mengenai istilah dari mikrotik. Pembahasan mengenai mikrotik maka bisa didefinisikan sebagai sebuah sistem berbasis software yang akan dipergunakan sebagai router dalam sebuah jaringan.

Untuk sistem mikrotik sendiri merupakan sebuah sistem berbasis linux. Dimana sistem ini akan menjadi dasar network router. Penggunaan sistem operasi ini memang sangat cocok untuk dipergunakan dalam jaringan komputer mulai dari yang berskala kecil hingga besar.  Mungkin banyak orang yang sedikit bingung dengan istilah mikrotik dan router. 

Maka sebagai penjelasannya Mikrotik adalah sistem operasi yang masuk dalam kategori software golongan open source. Sedangkan jika membahas mengenai istilah router, bisa dikatakan router adalah perangkat keras yang fungsinya untuk menghubungkan antara dua atau lebih jaringan yang ada. Untuk jenis mikrotik sendiri secara umum akan terbagi menjadi 2 jenis yang paling utama. Yaitu RouterBoard dan Mikrotik RouterOS. 

Manfaat Pemasangan Mikrotik 

Setelah pembaca memahami mengenai apa itu Mikrotik, maka selanjutnya akan dipaparkan mengenai manfaat yang akan didapatkan para penggunanya. Khususnya saat menggunakan mikrotik untuk membangun sistem administrasi jaringan secara virtual. Berikut manfaatnya :

1. Sebagai Access Point  

Setelah pengguna melakukan pemasangan mikrotik maka pengguna akan mendapatkan berbagai fitur yang ada didalamnya. Salah satunya adalah fitur antarmuka berbasis wireless. Sehingga adanya fitur ini dapat berfungsi sebagai  Access point jaringan Wifi tersebut. Jadi, jaringan bisa lebih terpusat dimana administrator bisa melakukan pengelolaan dan pengawasan dengan baik.

2. Sebagai Internet Gateway

Selain itu juga bisa digunakan dalam menghubungkan jaringan lokal dan internet. Sehingga pengguna bisa mengatur adanya arus yang masuk maupun keluar. Terkait juga data-data yang menyertainya juga. Tidak hanya itu terkait dengan konten yang akan diakses para pengguna juga bisa dibatasi. 

Maka dari itu bisa juga sebagai membantu dalam proses memblokir konten yang dilarang. Jadi, bisa membuat terciptanya internet yang positif. Sehingga pemilik dan pengguna Mikrotik turut andil dalam menciptakan ruang internet  yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

3. Penghubung Antar Jaringan

Menggunakan mikrotik pengguna bisa melakukan pengaturan terkait dengan langkah untuk menghubungkan beberapa jaringan. Sehingga akan mendapatkan jalur tercepat saat menuju perangkat komputer tertentu. Maka dari itu bisa juga dikatakan sebagai hotspot. 

Solusi Mikrotik Yang Error 

Melakukan pemasangan atau setting mikrotik yang tepat akan membuat mikrotik bisa terhubung dengan baik pada jaringan internet yang diinginkan. Hal pertama yang wajib dilakukan adalah melakukan konfigurasi terkait dengan IP address dan sebagainya. Namun setelah melakukan pemasangan, tidak jarang mikrotik error setelah mati lampu atau alasan lain. Maka dari itu tidak perlu khawatir. Ada banyak solusi untuk mengatasinya sebagai berikut:

2. Menggunakan Tombol Reset

Sebagai pertolongan pertama saat mikrotik error setelah mati lampu, pengguna bisa melakukan reset pada konfigurasi. Adapun caranya adalah dengan menekan pada bagian tombol reset. Untuk tombol tersebut bisa ditemukan di setiap board mikrotik adapun letak tepatnya tergantung pada jenis router yang digunakan. Selanjutnya langkah untuk melakukan reset konfigurasi bisa ikuti langkah berikut: 

  • Melepas pada bagian Adaptor, kemudian menekan pada bagian reset.
  • Sembari menekan pada bagian reset, pengguna bisa menghubungkan dengan power adaptornya.
  • Tunggu sejenak hingga muncul indikator berupa LED ACT blink sekali. Jika bagian ini sudah terdeteksi pengguna bisa melepas tombol reset tersebut.
  • Selanjutnya terjadi proses booting pada router dan setelah proses ini berakhir maka router akan secara otomatis kembali pada default konfigurasi.

3. Memanfaatkan Hard Reset

Jika setelah memanfaatkan tombol reset, belum bisa menjadi solusi mikrotik error setelah mati lampu, maka pengguna bisa memanfaatkan bagian hard reset. Untuk cara ini pengguna wajib membuka pada bagian casing. Setelah terbuka akan terlihat adanya tembaga dengan bentuk melingkar, namun satu sisinya tidak berhubungan jadi semacam huruf “C”. 

Untuk melakukan hard reset pengguna bisa  mematikan adaptor terlebih dahulu. Kemudian menyambungkan sisi yang terpotong dengan obeng. Tahan bagian reset hole sekitar 30an detik. Setelah itu proses selesai. Melakukan reset berarti username dan password akan dihapus. Maka untuk masuk kembali gunakan username admin dan password tidak perlu diisi. 

Demikian itu beberapa penjelasan mengenai apa itu Mikrotik, manfaat penggunaannya hingga solusi saat mikrotik error setelah mati lampu. Setelah mengetahuinya bagi yang hendak menggunakan mikrotik tentu bisa mempertimbangakan berbagai manfaatnya. Dan bagi yang sudah mengetahui manfaatnya bisa lebih paham terkait solusi saat mikrotik error. 

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

8 Artis yang Main ML di Indonesia

Mikrotik Tidak Bisa di Reset? Coba Lakukan Cara Ini!