in

7 Penyebab Find My iPhone Tidak Berfungsi, Apa Saja?

Find my iPhone adalah sebuah fitur di perangkat iPhone yang dimana fitur ini dapat membantu pengguna menemukan perangkatnya ketika hilang. Namun dalam beberapa kasus find my iPhone tidak berfungsi, sehingga pengguna sulit menemukan perangkat iPhone nya yang hilang.

7 Penyebab Find My iPhone Tidak Berfungsi

Lalu apa saja yang bisa menyebabkan fitur ini tidak berfungsi? Simak penjelasan di bawah!

1. ICloud Atau Find My iPhone Belum Aktif

untuk bisa menggunakan fitur Find My iPhone, adalah dengan mengaktifkan iCloud dan fitur Find My iPhone di perangkat iPhone. Kalau find my iPhone dan iCloud tidak diaktifkan pada perangkat iPhone, perangkat tidak akan bisa ditemukan.

Karena fitur ini tidak mengetahui perangkat iPhone apa yang akan dicari. Untuk menanggulangi hal tersebut, pastikan untuk segera mengaktifkan iCloud dan find my iPhone ketika aktivasi perangkat iPhone pertama kali.

2. Daya Perangkat Habis Atau Dimatikan

Seperti fitur pada umumnya, find my iPhone akan berfungsi Ketika perangkat dalam keadaan hidup. Karena pada saat perangkat mati seluruh fitur yang ada didalamnya juga akan mati, hal ini juga akan terjadi dengan find my iPhone.

Dengan kondisi perangkat mati perangkat tidak dapat terhubung dengan internet dan tidak dapat mengirim sinyal GPS untuk bisa ditemukan oleh sistem. Jika Find My iPhone tidak berfungsi dalam kasus ini, hal yang bisa dilakukan hanya mencari lokasi yang diketahui selama 24 jam terakhir, pada fitur find my iPhone.

3. Tidak Ada Koneksi Internet Atau Perangkat dalam Keadaan Airplane Mode

Perangkat memerlukan koneksi agar dapat melaporkan posisi perangkat pada fitur find my iPhone, jika perangkat dalam kondisi tidak terhubung dengan internet perangkat tidak akan mempunyai akses untuk mengirimkan lokasinya.

Hal yang kemungkinan terjadi adalah perangkat berada di lokasi yang diluar jangkauan koneksi, atau mungkin koneksi perangkat sudah dimatikan oleh orang yang menemukannya. Sama seperti kondisi perangkat mati, hal yang bisa dilakukan dalam kasus ini adalah dengan mencari atau meminta lokasi perangkat dalam 24 jam 24 jam terakhir.

4. Kartu SIM Telah Dilepas Atau Memang Tidak Ada

Kartu SIM adalah kartu kecil yang memberikan akses jaringan pada perangkat, tanpa kartu ini perangkat tidak bisa terhubung ke jaringan 3G maupun 4G sehingga perangkat tidak bisa terhubung dengan find my iPhone. Jika kartu ini tidak ada atau telah dilepas perangkat hanya bisa terhubung dengan jaringan melalui Wifi.

Jadi jika dalam kasus seperti ini yang bisa dilakukan selain mencari lokasi dalam 24 jam terakhir adalah dengan menunggu perangkat terhubung Kembali dengan jaringan, entah melalui jaringan wifi atau melalui Jaringan SIM card yang berbeda yang dipasang oleh yang menemukan atau orang yang mencuri. Karena walau SIM yang dipasang beda dengan kartu SIM sebelumnya, selam dapat terhubung dengan jaringan perangkat masih bisa ditemukan.

5. Tanggal di Perangkat Tidak Tepat

Perubahan tanggal pada perangkat ternyata juga dapat menjadi penyebab find my iPhone tidak berfungsi. Ini dikarenakan server apple mengharapkan perangkat yang terhubung dengan layanan apple memiliki tanggal yang benar. Biasanya tanggal pada perangkat iPhone akan di setting secara otomatis, terkadang karena alasan tertentu tanggal akan tidak tersetting secara otomatis, dan akan mengganggu beberapa fitur dalam perangkat iPhone.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi atur Kembali atau setidaknya periksa pada pengaturan tanggal dan waktu, caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, lalu buka menu general, kemudian masuk ke pilihan Date & time, lalu aktifkan opsi set automatically dengan cara menggeser slider ke On atau warna hijau.

6. Tidak Tersedianya Layanan di Negara Tertentu

Untuk menentukan lokasi perangkat secara akurat, apple membutuhkan data map dari negara atau daerah tempat perangkat iphone tersebut berada. Namun terkadang ada beberapa negara atau daerah tertentu yang memang apple tidak memiliki akses atau data tentang negara atau daerah tersebut.

Dalam kasus ini perangkat iphone tidak akan bisa ditemukan secara akurat di maps, kemungkinan terburuk perangkat benar-benar tidak dapat ditemukan. Namun Ketika perangkat masih terhubung dengan jaringan dan bisa tersambung dengan server apple, fitur untuk penghapusan data dan penguncian jarak jauh masih bisa digunakan.

7. Perangkat Sudah di Restore Atau Dikembalikan ke Bawaan Pabrik

Restore adalah Tindakan menghapus semua data dan pengaturan perangkat dan mengembalikannya seperti bawaan pabrik, sehingga perangkat tidak dapat terdeteksi oleh system apple. Hal ini bisa terjadi pada perangkat yang masih menggunakan iOS 6 atau se bawahnya, bahkan Tindakan restore ini bisa dilakukan walaupun perangkat dalam keadaan terkunci dengan passcode.

Cara terbaik untuk bisa menghindari hal diatas terjadi, dianjurkan kepada pengguna untuk selalu update ke versi iOS terbaru. Karena Tindakan restore ini tidak dapat dilakukan lagi di perangkat yang menjalankan iOS 7 ke atas, Tindakan restore di iOS 7 ke atas harus menggunakan passcode yang digunakan untuk aktivasi perangkat iphone

Sekian pembahasan tentang penyebab find my iphone tidak berfungsi dan cara mengatasinya. Pastikan lakukan beberapa saran diatas agar pada saat perangkat iphone hilang masih bisa terdeteksi oleh fitur find my iphone. Dan apabila lokasi perangkat benar-benar tidak dapat ditemukan, atau tidak dapat terjangkau, lakukan penghapusan data jarak jauh.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

8 Cara Mengatasi Lag ML di RAM 2gb Agar Bisa Tetap Lancar

Cara Menghubungkan Google Maps dengan Apple Music di iPhone