in

Tutorial Cara Setting IP Mikrotik dengan Winbox Lengkap!

Bagi yang berkecimpung pada dunia network atau jaringan tentu tidak asing dengan mikrotik. Biasanya mikrotik digunakan pada jaringan wireless lewat router. Untuk melakukan setting IP mikrotik bisa dengan berbagai cara, salah satunya dengan Winbox.

Cara Setting IP Mikrotik dengan Winbox

Nah, berikut cara setting IP mikrotik dengan Winbox yang bisa dijajal:

1. Buat Koneksi Internet di Mikrotik

Langkah awal adalah menyiapkan alat yang dibutuhkan seperti PC, Modem mikrotik, Port 2 dan 3. Jika sudah, lalu mulai untuk melakukan koneksi antara modem mikrotik dengan port 2. Setelah itu, koneksikan juga PC dengan port 3. Kemudian, buka dan jalankan Winbox yang ada, lalu bukalah menu Neighbors.

Selanjutnya akan muncul halaman yang berisi kolom. Isikan kolom Connect to dengan isi MAC address. Lalu masukkan login dengan kata admin. Nah, untuk passwordnya bisa dikosongkan saja. Jika sudah tekan Connect. Selanjutnya, akan muncul tampilan dari dashboard yang ada GUI.

2. Mengubah Nama Dari Interface Pada Mikrotik

Nah, ketika sudah berhasil masuk pada halaman GUI dari mikrotik. Supaya memudahkan koneksi port, pengguna bisa mengubah nama interface terlebih dahulu. Caranya yaitu sebagai berikut:

  • Pertama, tekan menu Interface, lalu akan muncul tampilan berupa jendela list interface.
  • Kemudian, cari dan tekan double klik di salah satu interface.
  • Lalu, berilah nama dengan Ethernet 2 untuk WAN dengan link untuk ISP atau modem. Selanjutnya, pada Ethernet 3 untuk LAN.

3. Penambahan Address List WAN pada Mikrotik

Berikutnya, cara setting IP mikrotik dengan Winbox adalah dengan memberi IP di masing-masing Ethernet. Pertama, pengguna bisa melakukan pemberian IP pada WAN. Caranya cukup mudah bisa ikuti langkah dibawah ini:

  • Pertama, tekan menu IP yang tersedia pada layar.
  • Kemudian, pilihlah Address. Lalu akan muncul jendela address list dan tekan tombol yang bersimbol +.
  • Selanjutnya, akan muncul jendela lagi berupa kolom yang harus diisikan. Isikan semua info yang ada, kecuali pada bagian Network bisa dikosongkan saja.
  • Terakhir, tekan Ok.

4. Penambahan Address List LAN pada Mikrotik

Nah, ketika selesai membuat address list WAN, maka selanjutnya adalah membuat address list LAN. Caranya sama seperti saat membuat address WAN. Bedanya hanya ketika pada isian kolom di bagian Interface diisi dengan ether 3.

Setelah terisi semua nanti tinggal tekan OK. Nah, supaya lebih memudahkan dan tidak membuat bingung ketika melihat konfigurasi, maka, sebaiknya tambahkan coment di IP addressnya. Isi dari Comment tersebut yaitu LAN serta WAN agar bisa membedakan.

5. Pembuatan Router Pada Mikrotik

Setelah selesai membuat address list LAN dan WAN, maka cara setting IP mikrotik dengan Winbox yaitu dengan buat router di mikrotiknya. Pengguna dapat memanfaatkan gateway yang telah tersedia dalam provider ISP. Nah, untuk caranya bisa ikuti langkah ini:

  • Pertama masuklah pada menu IP. Jika sudah selanjutnya cari dan pilih menu Router.
  • Berikutnya, akan muncul jendela lalu pilih menu dengan simbol plus +.
  • Kemudian, akan muncul jendela kembali, dimana terdapat kolom. Pengguna bisa isikan 0.0.0.0/0 pas kolom dst-address. Lalu, isikan 192.168.22.1 pada kolom gateway.
  • Jika sudah terisi semua, lalu tekan OK.

6. Melakukan Setting Pada DNS Server Mikrotik

Kemudian, melakukan pengaturan pada DNS server. Umumnya DNS telah ada ketika pengguna memiliki IP public ISP. Jadi jika sudah punya data-data dari DNS maka bisa langsung isikan di menu DNS mikrotik. Tetapi, apabila tidak memiliki, maka bisa isi dengan 8.8.8.8 dan 9.9.9.9. Cara pengisiannya bisa ikuti dibawah ini:

  • Pertama, tekan menu IP. Kemudian, pilih menu DNS.
  • Jika sudah, akan muncul jendela dari menu DNS tadi. Jendela tersebut berisi kolom-kolom dan pada kolom server bisa diisi dengan yang tadi yaitu 8.8.8.8 untuk kolom pertama. Sementara pada kolom kedua server, isikan 9.9.9.9.
  • Lalu, centang pada bagian Allow Remote Requests.
  • Jika sudah, tekan OK.

7. Melakukan Testing Internet dan Pengaturan NAT Masquerade Pada Mikrotik

Jika sudah melakukan setting di atas sebagai cara setting IP Mikrotik dengan Winbox, lalu berikutnya testing internet. Pengguna, bisa membuka terminal baru, untuk melihat kondisi dari internet. Lalu, ping pada sebuah website, apabila muncul reply. Maka, tandanya telah terkoneksi pada internet.

Kemudian, melakukan pengaturan atau setting NAT masquerade. Hal ini bertujuan untuk menghubungkan internet dengan IP lokalnya. Nah, untuk mengaturnya bisa ikuti cara berikut:

  • Pertama, tekan menu IP, lalu cari dan pilih menu Firewal.
  • Selanjutnya, akan muncul jendela NAT dan tekan symbol +. Jika sudah, isikan bagian actionnya dengan masquerade.
  • Terakhir, tekan OK. 

8. Melakukan Setting IP Address Pada LAN Untuk PC Maupun Laptop

Terakhir, cara setting IP mikrotik Winbox adalah melakukan pengaturan IP address untuk PC maupun Laptop. Caranya cukup mudah, pengguna tinggal ikuti langkah yang akan dijelaskan. Nah, langsung saja berikut caranya:

  • Tekan menu LAN, dilanjut dengan menekan Properties. Lalu, pilihlah network protocol dengan version 4.
  • Jika sudah, mengisi kolom IP address dengan 10.22.22.2
  • Kemudian, isikan 255.255.255.0 di kolom subnet mask. Sementara, pada kolom default gateway masukkan 10.22.22.1
  • Selanjutnya, isikan 8.8.8.8 dan 9.9.9.9 pada masing-masing kolom preferred dan alternate DNS server.
  • Jika sudah semua, maka tekan OK. Terakhir, tunggulah hingga muncul halaman atau tampilan internet.

Itulah tadi, cara setting IP mikrotik Winbox dengan lengkap sampai berhasil dapat akses dari internet. Nah, untuk memastikannya apakah inter sudah berjalan, bisa cek lewat command prompt di laptop atau PC. Jika sudah terkoneksi maka itu berarti sudah berhasil semua.

What do you think?

Written by ichsanyt

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GIPHY App Key not set. Please check settings

6 Cara Setting Mikrotik Hotspot Sampai Berhasil

Cara Reset Mikrotik RB951UI 2HND dengan Netinstall